Pages

Minggu, 10 Oktober 2010

Mengenal Konsep DC dan DRC

1. Data center (DC) adalah data pusat yang menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh organisasi. Data tersebut diambil, diolah dan disimpan kembali pada data center. Agar data center dapat memberikan dukungan yang baik terhadap operasional organisasi, maka perlu manajemen data yang baik. Manajemen data menyangkut hal-hal berikut :
  • Penciptaan (create) data terkait dengan elemen : make, receive, replicate.
  • Definisi data terkait dengan elemen : klasifikasi dan appraise.
  • Pemeliharaan data terkait dengan elemen : audibility, authenticity, media     maintenance, performance, dan reliability.
  • Penyimpanan data terkait dengan elemen : format, media, dan sistem     penyimpanan.
  • Pengaksesan data terkait dengan elemen : authorization dan usability.
  • Disposisi data terkait dengan elemen : destroy dan retain.
2.  Disaster Recovery center (DRC) adalah lokasi data pengganti yang menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh organisasi. Ini dimaksudkan untuk kelangsungan kegiatan operasional yang harus dijaga dari akibat terjadinya gangguan atau kerusakan pada aset TI, TI Pengganti (DRC) dan Sarana Pendukung TI harus diujicoba dan dievaluasi secara berkala untuk antisipasi terhadap ancaman gangguan/kerusakan seperti huru-hara (demo pemilu, pilpres), bencana alam (banjir) dll. Kajian mengenai lokasi disaster recovery site dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti : keamanan, kesiapan infrastruktur, kerawanan terhadap bencana alam, regulasi, kemudahan akses dan faktor-faktor lain yang lazim dipergunakan dalam kajian lokasi disaster recovery.

0 komentar:

Posting Komentar